Diet
+1

5 MANFAAT SINGKONG REBUS DALAM PROGRAM DIET

March 20, 2024 | Dea

singkong rebus untuk diet, diet singkong rebus, cara diet dengan singkong rebus, kalori singkong rebus untuk diet, kandungan singkong rebus untuk diet, manfaat makan singkong rebus untuk diet, yesdok

Sobat Yesdok, singkong yang juga dikenal sebagai ubi kayu adalah makanan yang kaya nutrisi yang telah menjadi bagian penting dari banyak budaya di seluruh dunia. Selain enak dan mudah diolah, singkong rebus juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama bagi mereka yang menjalani program diet.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Manfaat Singkong Rebus

Berikut adalah lima manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh singkong rebus, antara lain:
 

1. Kandungan Serat yang Tinggi

Singkong rebus mengandung serat yang tinggi, yang merupakan komponen penting dalam menjaga pencernaan sehat. Serat membantu memperlambat penyerapan gula darah, meningkatkan kenyang, dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi singkong rebus, anda dapat memperbaiki pencernaan dan tetap dalam berat badan yang sehat.
 

2. Kaya akan Nutrisi

Berbagai nutrisi penting dapat ditemukan dalam singkong rebus, seperti vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, dan zat besi. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dan mempromosikan kesehatan kulit, sementara vitamin B6 memainkan peran penting dalam metabolisme energi yang sehat. Fungsi otot, kesehatan jantung, dan produksi sel darah merah dipengaruhi oleh mineral seperti mangan, kalium, dan zat besi.
 

3. Rendah Kalori dan Karbohidrat

Singkong rebus adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang mengikuti program diet rendah kalori atau rendah karbohidrat karena memiliki tingkat karbohidrat yang moderat dan kalori yang rendah. Selain itu, sebagai alternatif yang lebih sehat daripada nasi atau kentang, singkong rebus dapat membuat kenyang lebih lama tanpa menambah banyak kalori ke dalam makanan.
 

4. Menyokong Penurunan Berat Badan

Singkong rebus, yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah, dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan seratnya membantu mengurangi nafsu makan dan menahan rasa lapar, dan kalorinya yang rendah membuatnya pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa menambah berat badan.
 

5. Menyediakan Energi yang Bertahan Lama

Singkong rebus mengandung karbohidrat kompleks yang memberi tubuh energi yang bertahan lama, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum latihan atau sebagai bagian dari makanan pre-workout. Dengan energi yang stabil, anda dapat meningkatkan kinerja olahraga dan memaksimalkan hasil latihan anda.

Singkong rebus adalah makanan yang rendah kalori dan kaya nutrisi yang dapat membantu mereka yang menjalani program diet atau mencari pilihan makanan yang lebih sehat. Dengan kandungan serat yang tinggi, nutrisi penting, dan energi yang bertahan lama, singkong rebus dapat menjadi tambahan yang bagus untuk menu anda. Namun, seperti dengan makanan apa pun dalam program diet, penting untuk mengonsumsinya dengan porsi yang cukup.

 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthifyme.com/blog/cassava-benefits/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5941045/

https://www.verywellfit.com/cassava-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4177847

 

YesDok Ads