5 MANFAAT JALAN KAKI BAGI IBU HAMIL

April 16, 2024 | Dea

manfaat jalan kaki untuk ibu hamil, manfaat jalan pagi untuk ibu hamil, jalan pagi untuk ibu hamil, jalan kaki untuk ibu hamil 9 bulan, manfaat jalan pagi untuk ibu hamil trimester 3, ibu hamil jalan pagi, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu bentuk latihan yang mudah namun efektif yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah jalan kaki. Jalan kaki tidak hanya menyegarkan tubuh dan pikiran, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan bagi ibu hamil.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Manfaat Jalan Kaki

Berikut adalah lima manfaat jalan kaki yang perlu dipertimbangkan oleh ibu hamil, antara lain:
 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bahkan selama kehamilan, berjalan kaki meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk janin dalam kandungan. Dengan berjalan kaki secara teratur, ibu hamil dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mempertahankan kesehatan jantung terbaik selama kehamilan.
 

2. Mengelola Berat Badan

Ibu hamil dapat mempertahankan kontrol berat badan selama kehamilan dengan berjalan kaki secara teratur. Ibu hamil dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi dengan melakukan aktivitas ini, yang membakar kalori dan membantu menjaga metabolisme tetap aktif.
 

3. Mengurangi Risiko Persalinan Prematur

Studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang aktif secara teratur, termasuk berjalan kaki, memiliki risiko yang lebih rendah untuk melahirkan bayi sebelum waktunya. Ini karena aktivitas fisik yang teratur dapat membantu ibu hamil memperkuat otot-otot panggul mereka dan menyediakan mereka untuk persalinan yang lebih lancar.
 

4. Meningkatkan Mood

Selama kehamilan, jalan kaki dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Dalam otak, aktivitas fisik melepaskan zat kimia yang disebut endorfin, yang menyebabkan rasa senang dan relaksasi. Ibu hamil dapat mengurangi risiko depresi prenatal dengan tetap tenang. Mereka juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Karena perubahan hormonal dan ketidaknyamanan fisik, ibu hamil sering mengalami kesulitan tidur. Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meredakan stres dan ketegangan yang dapat mengganggu tidur. Berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan dan memastikan ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup untuk kesehatannya dan pertumbuhan janinnya.

Dengan mempertimbangkan manfaatnya, jalan kaki mungkin pilihan latihan yang ideal untuk ibu hamil. Dengan memasukkannya ke dalam rutinitas sehari-hari mereka, ibu hamil dapat memperkuat kesehatan mereka sendiri dan mendukung perkembangan janin mereka dengan cara yang positif.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.annandaleobgyn.com/news/the-benefits-of-walking-during-pregnancy/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6742678/

https://www.babycentre.co.uk/a7863/walking-in-pregnancy

 

YesDok Ads