5 MANFAAT DAUN PANDAN BAGI TUBUH

April 02, 2024 | Dea

manfaat daun pandan, manfaat daun pandan untuk kesehatan, khasiat daun pandan, manfaat rebusan daun pandan, daun pandan manfaatnya, khasiat daun pandan untuk pria, khasiat daun pandan untuk kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, ternyata daun pandan, yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh manusia. Selain memberikan rasa dan aroma yang khas, daun pandan juga kaya akan zat-zat yang baik untuk kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Daun Pandan

Berikut adalah lima manfaat utama daun pandan bagi tubuh, antara lain:
 

1. Anti-inflamasi dan Antioksidan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, daun pandan mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Dengan mengonsumsi daun pandan secara teratur, anda dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.
 

2. Menyokong Fungsi Pencernaan

Selama bertahun-tahun, daun pandan telah digunakan untuk membantu masalah pencernaan. Kandungan serat alaminya meningkatkan gerakan usus dan memperbaiki pencernaan. Studi juga menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan memiliki sifat antimikroba yang melawan bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan, membantu menjaga keseimbangan mikroba yang baik dalam usus.
 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa daun pandan mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Dengan mengonsumsi daun pandan secara teratur, anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menjaga kadar kolesterol di bawah batas normal.
 

4. Menyediakan Perlindungan terhadap Diabetes

Selain diketahui memiliki efek menurunkan gula darah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam daun pandan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang merupakan komponen penting dalam pengendalian diabetes. Dengan mengonsumsi daun pandan, anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi diabetes lainnya.
 

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan daun pandan juga baik untuk kulit karena dapat melawan radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Beberapa orang juga menggunakan ekstrak daun pandan secara topikal untuk mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-pandan

https://www.nnc.gov.ph/regional-offices/mindanao/region-ix-zamboanga-peninsula/9111-pandan-leaves-probable-health-benefits

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4408760/

 

YesDok Ads