5 MANFAAT COKELAT BAGI PSIKOLOGIS

April 02, 2024 | Dea

manfaat minum susu cokelat sebelum tidur, manfaat cokelat panas, manfaat konsumsi cokelat, manfaat makan cokelat sebelum tidur, manfaat minum cokelat, 8 manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh, yesdok

Sobat Yesdok, studi telah menunjukkan bahwa cokelat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan psikologis kita selain membuatnya lezat di lidah. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Cokelat

Berikut adalah lima manfaat cokelat bagi kesehatan mental dan emosional kita, antara lain:
 

1. Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat cokelat yang paling terkenal adalah kemampuan untuk meningkatkan mood. Senyawa seperti feniletilamin, theobromine, dan anandamida yang ditemukan dalam cokelat memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi endorfin dan serotonin di otak. Kedua neurotransmitter ini berfungsi sebagai "hormon kebahagiaan", yang dapat meningkatkan perasaan senang dan kesejahteraan secara keseluruhan.
 

2. Menurunkan Stres

Selain itu, telah terbukti bahwa cokelat, berkat senyawa bioaktifnya, seperti flavonoid dan antioksidan, dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi respons tubuh terhadap stres.
 

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Cokelat, terutama cokelat hitam yang kaya akan flavonoid, dilaporkan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja otak karena meningkatkan aliran darah ke otak. Ini dapat meningkatkan memori, konsentrasi, dan kemampuan pemecahan masalah.
 

4. Mengurangi Risiko Depresi

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat secara teratur terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah. Ini karena cokelat memiliki senyawa yang dapat membantu menstabilkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi bagi beberapa orang.
 

5. Meningkatkan Kesehatan Mental Secara Keseluruhan

Cokelat dapat meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan fungsi kognitif. Merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik, dan mengonsumsi cokelat secara moderat dapat menjadi bagian dari strategi yang lebih luas untuk kesehatan mental.

Meskipun cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan psikologis, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Namun, sesekali, menikmati cokelat dapat menjadi cara yang lezat untuk merawat kesehatan psikologis.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.psychiatry.org/news-room/apa-blogs/dark-chocolate-offers-a-variety-of-benefits

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4350893/

https://www.portagepath.org/cocoa-comfort-how-chocolate-sweetens-mental-well-being/

 

YesDok Ads