5 MANFAAT BUAH BELIMBING BAGI TUBUH

March 05, 2024 | Dea

manfaat buah belimbing, manfaat buah belimbing untuk kesehatan, manfaat belimbing buah, manfaat buah belimbing untuk ibu hamil, apa manfaat buah belimbing, buah belimbing manfaatnya, yesdok,

Sobat Yesdok, buah belimbing juga dikenal sebagai buah bintang, memiliki bentuk yang luar biasa dan rasa yang segar dan manis. Selain enak, belimbing mengandung banyak nutrisi penting yang membantu tubuh. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Buah Belimbing 

Berikut adalah lima manfaat buah belimbing bagi kesehatan, antara lain:
 

1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Tubuh membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, dan buah belimbing adalah sumber yang baik dari vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan potassium.
 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah belimbing mengandung banyak potasium, yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Konsumsi buah belimbing secara teratur dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi buah belimbing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi karena kandungan antioksidannya yang kuat, seperti vitamin C dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.
 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah belimbing memiliki vitamin C yang membantu dalam produksi kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kulit kencang dan elastis. Antioksidan dalam buah belimbing juga membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi lingkungan, sinar matahari ultraviolet, dan lainnya.
 

5. Membantu Pencernaan

Buah belimbing mengandung serat yang baik untuk pencernaan, yang membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Serat juga menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Meskipun belimbing memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. Mereka yang menderita diabetes, gangguan hati, atau masalah ginjal harus menghindari mengonsumsinya karena dapat menyebabkan masalah serius.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/diet/star-fruit

https://www.healthline.com/nutrition/star-fruit-101

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7958541/

 

YesDok Ads