5 MAKANAN HARUS DIHINDARI PENDERITA ASAM URAT

March 22, 2024 | Dea

3 makanan paling berbahaya untuk asam urat, makanan berbahaya untuk asam urat, makanan yang berbahaya untuk asam urat, jenis makanan yang berbahaya bagi penderita asam urat, yesdok

Sobat Yesdok, asam urat adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi, yang menyebabkan nyeri dan peradangan. Mengontrol diet adalah penting karena beberapa makanan dapat menyebabkan serangan atau flare-up asam urat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Hindari 5 Makanan Ini

Berikut adalah lima makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat, antara lain:
 

1. Daging Merah

Penderita asam urat harus mengurangi atau menghindari sepenuhnya daging merah karena mengandung purin tinggi, seperti daging sapi, babi, dan domba.
 

2. Makanan Laut

Untuk mencegah flare-up, penderita asam urat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan laut, seperti udang, sarden, tuna, dan ikan trout.
 

3. Minuman Beralkohol

Hindari minuman beralkohol, terutama bir dan anggur, karena dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkannya.
 

4. Makanan yang Mengandung Asam Oksalat

Makanan yang mengandung asam oksalat, seperti cokelat, bayam, dan kacang, dapat memperburuk gejala asam urat, jadi penderita asam urat harus membatasi jumlah makanan yang mengandung asam oksalat untuk mengurangi risiko flare-up.
 

5. Makanan dan Minuman Manis

Hindari makanan dan minuman manis seperti soda, permen, dan kue-kue yang tinggi gula karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan resistensi insulin, yang dapat memperburuk asam urat. Sebaliknya, pilihlah karbohidrat yang sehat seperti buah-buahan segar.
 

Penderita asam urat juga disarankan untuk mengurangi asupan purin mereka secara keseluruhan dengan mengonsumsi makanan rendah purin seperti sayuran, buah-buahan, dan produk susu tanpa lemak. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://health.umms.org/2023/07/03/7-foods-that-trigger-gout/

https://www.webmd.com/arthritis/gout-diet-curb-flares

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/22548-gout-low-purine-diet

 

YesDok Ads