5 KEBIASAAN BURUK MENYUSUTKAN OTAK

March 25, 2024 | Dea

efek begadang bagi otak, efek menghayal bagi otak, efek micin bagi otak, efek ptsd bagi otak, efek buruk nikotin bagi otak, efek terlalu banyak gula bagi otak, efek vape bagi otak, yesdok

Sobat Yesdok, kesehatan otak sangat penting untuk kualitas hidup secara keseluruhan karena otak adalah organ penting dalam tubuh kita yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi, mulai dari pemikiran dan ingatan hingga mengatur gerakan dan emosi. Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak dan menyusutkan otak kita. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Kebiasaan Buruk Menyusutkan Otak

Berikut adalah lima kebiasaan buruk yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan otak, antara lain:
 

1. Kurang Aktivitas Fisik

Kebiasaan hidup yang kurang aktif secara fisik dapat memengaruhi kesehatan otak. Aktivitas fisik yang cukup meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan fungsi kognitif, dan menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Hindari duduk terlalu lama dan usahakan untuk bergerak secara teratur.
 

2. Kurang Tidur

Kurang tidur secara teratur dapat menyebabkan penumpukan plak amyloid-beta di otak, yang merupakan tanda neurodegenerasi. Selain itu, tidur yang tidak mencukupi dapat mengganggu konsolidasi memori dan mengganggu kemampuan kognitif. Untuk menjaga kesehatan otak, usahakan untuk mendapatkan 7 hingga 9 jam tidur yang baik setiap malam.
 

3. Kurangnya Asupan Nutrisi

Kesehatan otak dapat dipengaruhi oleh diet yang tidak seimbang dan kekurangan nutrisi. Pilih makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan otak anda karena risiko penyakit kardiovaskular, yang dapat merusak aliran darah ke otak, meningkat karena kebiasaan makan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.
 

4. Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Merokok dan alkohol berlebihan telah terbukti merusak otak. Nikotin dan zat kimia beracun yang terkandung dalam rokok dapat merusak sel-sel otak dan meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif. Konsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan otak dan gangguan kognitif. Untuk menjaga kesehatan otak anda, sebaiknya hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol.
 

5. Stress Kronis

Stres jangka panjang dapat merusak otak secara fisik dan mental. Hormon stres seperti kortisol menyebabkan peradangan dan merusak struktur otak, yang dapat mengganggu memori dan kemampuan kognitif. Untuk mengurangi dampak stres pada otak anda, pelajari teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga, atau berolahraga.

Anda dapat mempertahankan kesehatan otak dalam jangka panjang dengan menghindari kebiasaan buruk ini dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari dapat memiliki dampak besar pada kesehatan otak anda.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/the-worst-habits-for-your-brain

https://www.aarp.org/health/brain-health/info-2021/habits-that-hurt-brain-health.html

https://www.vinmec.com/en/news/health-news/healthy-lifestyle/7-bad-habits-that-can-harm-your-brain-health/

 

YesDok Ads