5 CARA ATASI MATA MERAH

April 01, 2024 | Dea

mengatasi mata merah, penyebab mata merah, cara mengatasi mata merah, cara mengobati mata merah, cara menyembuhkan mata merah, cara mengatasi mata gatal dan merah, cara mengobati mata merah dan berair, yesdok

Sobat Yesdok, Konjungtivitis, atau mata merah, adalah kondisi umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, atau iritasi. Meskipun seringkali tidak menyebabkan masalah serius, mata merah tetap tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Cara Atasi Mata Merah

Berikut adalah lima cara sederhana untuk mengatasi mata merah, antara lain:
 

1. Kompres Dingin

Mengobati kemerahan dan peradangan mata dengan kompres air dingin dapat membantu. Anda bisa menggunakan kain bersih yang direndam dalam air dingin, atau menggunakan kantong es dan handuk tipis untuk menyimpannya. Pijat mata dengan kompres dingin selama lima hingga sepuluh menit beberapa kali sehari.
 

2. Tetes Mata Lubrikan

Tetes mata lubrikan atau air mata buatan dapat melembabkan mata dan mengurangi iritasi yang menyebabkan kemerahan. Pastikan untuk menggunakan bahan kimia atau pengawet yang tidak menyebabkan iritasi tambahan.
 

3. Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Jika menggunakan lensa kontak, hindari menggunakannya saat mata merah atau iritasi. Ini karena lensa kontak dapat memperburuk kondisi mata dan memperpanjang waktu penyembuhannya.
 

4. Jangan Menggosok Mata

Hindari menggosok mata saat merah dan iritasi karena dapat menyebabkan infeksi atau iritasi lebih lanjut.
 

5. Konsultasikan dengan Dokter

Dokter mungkin meresepkan tetes mata antibiotik atau obat antivirus untuk membantu mengatasi infeksi jika mata merah disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Jika kemerahan tidak membaik dalam beberapa hari atau disertai dengan gejala seperti pengeluaran nanah, sensasi gatal yang berlebihan, atau penurunan penglihatan, segera konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan tambahan.


Namun, jangan lupa bahwa mencegah selalu lebih baik daripada menyembuhkan. Untuk mencegah mata merah, hindari kontak langsung dengan orang yang menderita konjungtivitis, jaga kebersihan tangan, dan hindari menyentuh mata dengan tangan yang kotor.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/home-remedies-bloodshot-eyes-when-to-see-doctor

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1705661/

https://www.cdc.gov/conjunctivitis/about/prevention.html
 

YesDok Ads