4 TIPS ATASI HEARTBURN PADA IBU HAMIL

April 16, 2024 | Dea

heartburn adalah, heartburn artinya, heartburn saat hamil, heartburn pada ibu hamil, apa itu heartburn, cara mengatasi heartburn, cara meredakan heartburn saat hamil, ciri ciri heartburn, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar kondisi heartburn pada ibu hamil? atau rasa terbakar di dada yang sering dialami ibu hamil, hal ini dapat terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman. Selama kehamilan, ada beberapa tindakan sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gejala muntah darah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Heartburn

Berikut adalah lima tips yang bisa membantu ibu hamil saat mengalami heartburn, antara lain:
 

1. Perhatikan Pola Makan

Mengubah kebiasaan makan anda dapat membantu mengurangi gejala sembelit. Pilih makanan ringan dan mudah dicerna seperti buah-buahan, sayuran, dan protein rendah lemak daripada makanan pedas, berlemak, dan asam.
 

2. Makan dalam Porsi Kecil

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil dapat membantu mencegah penumpukan asam lambung. Cobalah makan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil daripada makan banyak makanan sekaligus. Ini dapat membantu menjaga pencernaan tetap stabil dan mengurangi kemungkinan heartburn.
 

3. Hindari Minum Selama Makan

Meskipun cairan dapat memperbesar perut dan menekan lambung, hal itu dapat menyebabkan asam naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, lebih baik minum air di antara makanan daripada saat makan.
 

4. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat tidur, coba angkat kepala tempat tidur anda sedikit lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Anda juga dapat miringkan kepala tempat tidur ke arah yang nyaman atau gunakan bantal ekstra.

Ingatlah bahwa setiap ibu hamil memiliki pengalaman yang berbeda dengan sakit perut, jadi penting untuk menemukan cara yang paling cocok bagi anda. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/indigestion-and-heartburn/

https://intermountainhealthcare.org/blogs/pregnancy-heartburn-7-ways-to-get-relief

https://www.lancastergeneralhealth.org/health-hub-home/motherhood/your-pregnancy/how-to-prevent-and-treat-heartburn-during-pregnancy

 

YesDok Ads