4 PROTEIN YANG BAIK BAGI IBU MENYUSUI

February 28, 2024 | Dea

susu tinggi protein untuk ibu hamil, makanan tinggi protein untuk ibu menyusui, makanan protein tinggi untuk ibu menyusui, makanan protein untuk ibu menyusui, susu protein untuk ibu menyusui, yesdok

Sobat Yesdok, menyusui adalah fase penting dalam kehidupan seorang ibu yang membutuhkan perawatan nutrisi khusus. Protein adalah komponen penting dari diet ibu menyusui karena penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi serta pemulihan tubuh ibu. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

4 Protein Baik Bagi Busui

Berikut adalah empat jenis protein yang baik untuk ibu menyusui, bersama dengan manfaat dan sumber-sumbernya, antara lain:
 

1. Protein Hewani

Protein hewani, seperti daging, unggas, ikan, telur, dan produk susu, memiliki semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh dan kaya akan zat besi, seng, dan vitamin B12, yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi.
 

2. Protein Nabati

Ibu menyusui yang tidak mengonsumsi makanan hewani atau vegan dapat memilih alternatif protein nabati, seperti biji-bijian, kedelai, dan kacang-kacangan. Mereka memiliki serat tinggi, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang membantu pencernaan dan kesehatan jantung.
 

3. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan tanpa lemak, memiliki banyak nutrisi dan rendah lemak. Mengonsumsi daging tanpa lemak membantu memenuhi kebutuhan protein ibu menyusui tanpa meningkatkan konsumsi lemak jenuh.
 

4. Produk Susu Rendah Lemak

Untuk ibu menyusui, produk susu rendah lemak, seperti susu rendah lemak, yogurt tanpa lemak, dan keju rendah lemak, menyediakan protein dan kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang ibu dan perkembangan tulang bayi.


Berikut ini beberapa sumber protein sehat yang sangat penting untuk anda ketahui, antara lain:
 

  • Daging tanpa lemak: Sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan ikan tanpa lemak.
     
  • Produk susu rendah lemak: Susu tanpa lemak, yogurt tanpa lemak, dan keju tanpa lemak.
     
  • Kacang-kacangan: Kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang almond.
     
  • Biji-bijian: Biji bunga matahari, biji rami, dan chia.


 

Manfaat Asupan Protein untuk Ibu Menyusui

Berikut ini beberapa manfaat terpenuhinya asupan protein busui, antara lain:
 

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi: Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan setelah persalinan.

 

  • Mendukung produksi ASI: Protein merupakan bagian penting dari ASI, sehingga asupan protein yang cukup dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI.
     
  • Meningkatkan energi dan vitalitas: Protein membantu ibu menyusui mempertahankan tingkat energinya dan mengurangi rasa lelah.


 

Untuk memastikan jumlah protein yang tepat untuk tubuh, penting untuk menggunakan sumber protein yang bervariasi dan seimbang dan mengambilnya dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breastfeeding-nutrition/art-20046912

https://health.gov/myhealthfinder/pregnancy/nutrition-and-physical-activity/eat-healthy-while-breastfeeding-quick-tips

https://news.sanfordhealth.org/womens/top-10-breastfeeding-superfoods/

 

YesDok Ads