Diet
+1

4 JENIS SARAPAN BANTU TURUNKAN BERAT BADAN

February 22, 2024 | Dea

berat badan turun drastis, cara turun berat badan, kenapa berat badan naik turun, turun berat badan drastis, cara cepat turunkan berat badan, diet alami cepat turun berat badan, penyebab berat badan bayi turun, yesdok

Sobat Yesdok, sarapan adalah waktu yang penting untuk menurunkan berat badan. Memilih makanan sarapan yang tepat dapat memberikan energi yang diperlukan untuk memulai hari dengan baik, sambil membantu mengendalikan nafsu makan dan mempercepat metabolisme tubuh. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

4 Jenis Sarapan Turunkan BB

Berikut adalah 4 jenis sarapan yang terbukti membantu dalam proses penurunan berat badan, antara lain:
 

1. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan tinggi protein termasuk telur rebus atau dadar dengan sayuran, yogurt Yunani rendah lemak dengan buah-buahan segar, smoothie protein dengan bubuk protein, dan membantu menjaga massa otot, meningkatkan rasa kenyang, dan mempercepat metabolisme.
 

2. Sarapan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan juga memiliki potensi untuk membantu dalam penurunan berat badan. Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah makan, yang mengurangi keinginan untuk ngemil diantara waktu makan. Smoothie sayuran hijau dengan biji chia, roti gandum dengan alpukat, atau oatmeal dengan potongan buah-buahan adalah beberapa contoh sarapan tinggi serat.
 

3. Sarapan Rendah Karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Sarapan rendah karbohidrat biasanya berfokus pada protein dan lemak sehat dengan lebih sedikit karbohidrat seperti roti atau sereal. Contohnya termasuk telur panggang dengan alpukat, smoothie bayam dengan whey protein, atau salad sayuran dengan potongan daging tanpa lemak.
 

4. Sarapan Seimbang

Sarapan yang seimbang memiliki semua nutrisi yang tubuh butuhkan, seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan serat. Menggabungkan makanan yang mengandung semua kelompok nutrisi ini dapat membantu anda tetap kenyang lebih lama dan memiliki energi yang stabil sepanjang pagi. Salah satu contoh sarapan yang seimbang adalah telur rebus yang dicampur dengan roti gandum dan alpukat, oatmeal yang dicampur dengan yogurt rendah lemak dan potongan buah-buahan, atau smoothie protein yang terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran.

Anda dapat mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih efektif jika memilih salah satu jenis sarapan di atas dan memasukkannya ke dalam rutinitas sarapan anda setiap hari. Selain itu, pastikan untuk mengatur porsi makan dengan tepat dan memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari. Tetap konsisten dan sabar dalam menjalani pola makan sehat adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-breakfast-foods

https://pharmeasy.in/blog/healthy-breakfast-ideas-for-weight-loss/

https://www.purition.co.uk/blogs/articles/healthy-breakfast-ideas-weight-loss

YesDok Ads