4 CIRI OVER ACHIEVER PADA SESEORANG

February 29, 2024 | Dea

Overachiever, overachiever adalah, define overachiever, overachieve meaning, overachiever syndrome, apa itu overachiever, apa maksud overachiever, overachievers adalah, yesdok

Sobat Yesdok, overachiever adalah orang yang cenderung mengejar kesuksesan di atas batas yang biasa dan dengan standar yang sangat tinggi. Meskipun kesuksesan dapat dihasilkan dari perilaku ini, overachiever juga dapat menyebabkan stres dan tekanan mental yang berlebihan. untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang sifat overachiever.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

4 Ciri Overachiever

Berikut adalah beberapa ciri overachiever pada seseorang, antara lain:
 

1. Standar yang Sangat Tinggi

Salah satu ciri overachiever adalah memiliki standar yang sangat tinggi untuk diri sendiri. Mereka sering menetapkan target yang sangat tinggi dan tidak puas dengan hasil yang baik, tetapi mereka tetap tidak mencapai target tersebut.
 

2. Perfeksionisme yang Berlebihan

Overachiever juga perfeksionis. Mereka cenderung melakukan semua tugas atau proyek dengan sempurna, dan sulit bagi mereka untuk merasa puas dengan hasil yang tidak sempurna. Perfeksionisme ini sering muncul sebagai upaya untuk mendapatkan pengakuan dan penerimaan dari orang lain.
 

3. Dorongan Kuat untuk Prestasi

Overachiever sering memiliki dorongan yang kuat untuk mencapai prestasi; jika mereka tidak aktif atau produktif, mereka sering merasa tidak puas dan selalu mencari tantangan baru untuk diatasi. Dorongan ini dapat menjadi sumber motivasi yang kuat, tetapi juga dapat menyebabkan stres dan kelelahan.
 

4. Kesulitan Menerima Kegagalan

Overachiever juga sulit menerima kegagalan. Ketika mereka tidak mencapai tujuan yang mereka tetapkan, mereka cenderung sangat keras pada diri sendiri dan merasa sangat terpukul. Hal ini dapat menyebabkan mereka putus asa atau kehilangan motivasi.

Overachiever adalah orang yang memiliki keinginan kuat untuk sukses dan biasanya memiliki standar tinggi. Overachievement dapat membawa kesuksesan, tetapi perilaku ini juga dapat menyebabkan tekanan mental dan stres yang berlebihan. Penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda overachiever dan belajar bagaimana mengatasi stres dan ekspektasi yang tinggi. Overachiever dapat mencapai kesuksesan dan kesejahteraan yang optimal dalam hidup mereka dengan memahami diri mereka sendiri dan menetapkan batasan yang sehat.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.verywellmind.com/are-you-an-overachiever

https://www.psychologytoday.com/us/articles/201111/field-guide-the-overachiever

https://www.lifehack.org/884654/high-achievers

 

YesDok Ads